Tuesday, June 24, 2014

Metode Pengajaran Access Kampung Inggris


Metode CEFR yang diusung dan dilaksanakan secara konsisten oleh Access-ES adalah perpaduan antara kelengkapan materi,efisiensi waktu, lingkungan yang mendukung, penyampaian sistematis dan menghibur, instruktur berpengalaman. dengan metode ini, terbukti hanya dalam waktu 12 minggu, siswa sudah dapat melakukan conversation secara aktif dan lancar.
CEFR (Common European Framework of Reference) dan Natural Learning Ability, Kedua metode yang digunakan Access-ES tersebut mengedapankan peserta untuk menciptakan iklim habitual berbahasa Inggris dengan waktu yang sangat singkat.
Yakni peserta dipacu untuk membentuk mental agar lebih percaya diri dalam berkomunikasi verbal maupun non verbal, tanpa membawa kamus besar bahasa Inggris dalam kesehariannya atau media elektronik sebagai sarana menemukan arti kata ataupun kalimat asing bahasa Inggris.
A. Kelengkapan Materi
Banyak dijumpai Student yang memiliki kemampuan conversation bagus, tetapi amat minim dalam aplikasi tata bahasanya (grammar). sebaliknya, ada siswa yang benar-benar menguasai berbagai pola tata bahasa secara passive, tetapi tidak memiliki kemampuan kepercayaan diri yang cukup untuk mengaplikasikannya dalam conversation. Hal tersebut terjadi sebagai akibat pembelajaran yang parsial, karena banyak lembaga pendidikan yang hanya membuka kelas conversation saja dan membiarkan siswa didik berbuat kesalahan yang berlarut-larut sehingga pada suatu level, mereka beranggapan bahwa ‘yang penting bisa ngomong’. di sisi yang lain, terdapat lembaga pendidikan yang menekankan pembelajaran tata bahasa saja, sehingga hanya membuka kelas grammar dengan intensitas praktik yang tidak memadai.
Di Access-ES, usaha-usaha untuk menghilangkan proses belajar yang parsial itu benar-benar dilaksanakan dan menjadi perhatian yang serius. Hal ini diwujudkan dengan adanya kelas grammar, conversation, pronounciation yang sudah termasuk paket program di setiap level. Dari sini diharapkan, tidak ada siswa paham grammar tanpa bisa bicara, dan sebaliknya, tidak ada siswa bicara dengan grammar yang acak-acakan
B. Penyampaian sistematis dan menghibur
Melakukan satu hal yang sama dalam waktu yang lama sering kali menimbulkan kebosanan bagi para pelakunya, tidak terkecuali belajar bahasa inggris. di pusat-pusat pelatihan bahasa inggris di luar negeri, seperti Amerika dan Australia, pelatihan bahasa inggris untuk mahasiswa internasional biasanya hanya dilaksanakan antara 3 sampai 12 minggu. pembelajaran tersebut dilaksanakan dalam waktu singkat dengan hasil yang maksimal untuk menyiapkan mahasiswa internasional mengikuti perkuliahan yang seluruhnya disampaikan dalam bahasa inggris. singkatnya waktu tersebut menimbulkan antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta dan jauh dari kebosanan. kebanyakan lembaga pendidikan di indonesia, masih menggunakan metode konvensional yang memakan waktu yang cukup lama, antara 6 bulan sampai 1 tahun, itupun belum mencakup semua materi penting yang seharusnya didapat oleh siswa didik.
Access-ES mengerti benar akan situasi ini, sehingga dengan metode CEFR ini siswa hanya memerlukan waktu 12 minggu saja untuk lancar dalam conversation sampai 21 minggu untuk lancar, writing, reading, listening dan 24 minggu skor toefl yang tinggi.
C. Penyampaian sistematis dan menghibur
Untuk dapat menyampaikan materi pelajaran secara sistematis dan mengandung unsur edutaintment, diperlukan Coaches yang mempunyai pengalaman mentraining yang panjang. Dari latar belakang tersebut, Access-ES mensyaratkan Coaches yang akan bergabung dengan Access-ES harus berpengalaman setidaknya 2 tahun dalam hal pengajaran bahasa inggris.

No comments:

Post a Comment